Cara mudah membuat Kabel Jaringan

on Sabtu, 28 Desember 2013

Disini kita akan coba membuat kabel jaringan menggunakan kabel UTP, sebelum itu mari kita siapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan, diantaranya :
      1.     Kabel UTP                                                     






      2.     Connector RJ-45






      3.     Crimping tools







4.     LAN Tester








Setelah semua peralatan sudah tersedia maka kita sudah dapat memulai membuat kabel jaringan. Kabel jaringan ini memiliki 2 tipe, yaitu:
1.     Kabel  jaringan Straight
Kabel jaringan Straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya. Kabel straight biasa digunakan untuk menghubungkan 2 jenis device yang berbeda.
Cara membuat nya :
                  
                      ·     Kupas kulit luar kabel UTP sekitar 2cm hingga terlihat kabel di dalam seperti pada gambar 
                       kabel UTP di atas. 
                      ·     Pisahkan kabel-kabel di dalam dan luruskan. Susun dan rapikan berdasarkan warna 
                       Putih Orange, Orange, Putih Hijau, Biru, Putih Biru, Hijau, Putih Coklat, dan Coklat.
                       Lalu potong ujung nya sehingga rata satu sama lain. 
                      ·      Masukkan kabel-kabel tersebut ke dalam pin Jack RJ-45 sesuai urutan berikut :
·    Crimping RJ-45 menggunakan Crimping tools dengan memasukannya ke dalam dalam mulut tang crimping yang sesuai sampai bagian pin Jack RJ-45 berada didalam mulut tang. Sekarang jepit jack tadi dengan tang crimping hingga seluruh pin menancap pada kabel. Biasanya jika pin jack sudah menancap akan mengeluarkan suara “klik”
·  Tes kabel jaringan menggunakan LAN Tester dengan memasukan ujung-ujung kabel kemudian nyalakan, kalau lampu led pada LAN tester menyala semua, dari nomor 1 sampai 8 berarti Anda telah sukses. Kalau ada salah satu yang tidak menyala berarti kemungkinan pada pin nomor tersebut ada masalah.

2.     Kabel Jaringan Cross
Kabel Jaringan Cross merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan dengan susunan berbeda antara ujung satu dengan ujung yang satu nya lagi. Kabel ini biasa digunakan untuk menghubungkan 2 jenis device yang sama secara langsung, seperti menghubungan komputer pertama dengan komputer 2 secara langsung tanpa menggunakan perantara lain.
Cara membuatnya :
·       Lakukan sama persis dengan cara kabel jaringan straight untuk ujung yang pertama.
·    Untuk ujung yang satunya lagi ubah susunan kabel di dalam RJ-45 menjadi : Putih Hijau, Hijau, Putih Orange, Biru, Putih Biru, Orange, Putih Coklat, Coklat
Berikut gambar hasil akhir ujung-ujung kabel cross:


·    Crimping RJ-45 menggunakan Crimping tools dengan memasukannya ke dalam dalam mulut tang crimping yang sesuai sampai bagian pin Jack RJ-45 berada didalam mulut tang. Sekarang jepit jack tadi dengan tang crimping hingga seluruh pin menancap pada kabel. Biasanya jika pin jack sudah menancap akan mengeluarkan suara “klik”.
·  Tes kabel jaringan menggunakan LAN Tester dengan memasukan ujung-ujung kabel kemudian nyalakan, kalau lampu led yang pada LAN tester menyala semua, dari nomor 1 sampai 8 berarti Anda telah sukses. Kalau ada salah satu yang tidak menyala berarti kemungkinan pada pin nomor tersebut ada masalah.

Kesimpulannya : jika Anda memasang kabel UTP tipe straight maka susunan warna pada kedua ujung kabel adalah sama, sehingga korespondensi pin pada led tester akan sama. Sedangkan cara pemasangan UTP tipe cross, susunan warna ujung kabel pertama berbeda dengan unjung kabel kedua. Sehingga korespondensi pin pada led tester akn berbeda (led 1, 2, 3, 6 akan saling tertukar.

Semoga bermanfaat :) 




0 komentar:

Posting Komentar