E-Learning AMIKOM

on Minggu, 08 Februari 2015


E-Learning atau yang sering disebut juga pembelajaran elektronik merupakan suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi (elektronik) dalam proses belajar mengajar. Disini kita akan membahas tentang:

 
 
Apa itu E-Learning AMIKOM ? E-Learning AMIKOM merupakan salah satu situs E-Learning (www.elearning.amikom.ac.id/) tempat proses belajar mengajar virtual mahasiswa STMIK AMIKOM Yogyakarta. Di situs ini banyak sekali informasi yang diberikan kepada mahasiswa diantaranya: Materi (Ebook), Streaming, Dosen, Diglib(Digital library), forum, jurnal, elearning mobile serta lainnya yang berhubungan dengan pendidikan untuk memudahkan serta menunjang proses belajar mengajar.   

Security:
        Situs E-Learning AMIKOM ini merupakan situs independen dari STMIK AMIKOM Yogyakarta dimana pada fitur-fitur dan fasilitas tertentu yang berkaitan dengan proses KBM hanya bisa diakses oleh mahasiswa, dosen serta staff yang terkait, sehingga situs ini memiliki akun privacy (login) yang terhubung dengan database pada web server. Database ini berisi tentang data yang pengguna yang memiliki hak akses. Informasi –informasi mengenai komputer pengguna baik berupa alamat IP,Sistem Operasi, jenis browser atau informasi teknis lainnya dikumpulkan untuk kepentingan administrasi sistem. Situs ini memperoleh informasi mengenai penggunaan internet pengguna secara umum dengan menggunakan file cookies yang memungkinkan untuk:
1.    Memperkirakan ukuran dan pola penggunaan partisipan situs www.elearning.amikom.ac.id
2.      Menyimpan informasi mengenai preferensi Pengguna dan memungkinkan penyesuaian
      dengan kepentingan individu pengguna.
3.    Mengenali penggunaan sewaktu pengguna kembali ke situs tersebut.
Di situs ini memenuhi security service secara umum pada sistem keamanan jaringan diantaranya: confidentiality (proteksi data yang ditransmisikan dalam jaringan), authentication (memastikan komunikasi dalam jaringan berjalan diantara user-user yang otentik), integrity (integritas pesan yang dikirim didalam jaringan), nonrepudiation (mencegah pengiriman atau penerimaan pesan dalam jaringan dari kemungkinan penolakan penerimaan pesan,sehingga pengirim pesan dapat memastikan bahwa pesan yang dikirim benar-benar diterima oleh penerima), access control (kemampuan untuk melakukan pembatasan akses ke sistem host dan aplikasinya, availability (properti dari sistem yang dapat diakses atas permintaan entieas/user dari sistem yang bersangkutan).

Fasilitas dan Fitur:
            Fasilitas dan fitur yang disediakan pada situs ini diantaranya:
1.        Materi (bahan pembelajaran mata kuliah)
2.        E-Book
3.        Digital Library
4.        Streaming, Blog, Forum, Jurnal.
5.        Elearning mobile
6.        Statistik (perkembangan materi kuliah, artikel serta karya ilmiah)
7.        Link terkait (google)


Kelebihan:                                                             Kekurangan:
1.      Fasilitas multimedia, sehingga materi            1. Materi tidak tersusun sesuai kategori 
       Mudah diserap                                                2. Tidak dapat mengupload tulisan /           
2.      Ebook dan materi kuliah lengkap                        karya ilmiah secara langsung
3.      Lebih efektif dari segi biaya dan waktu               

                       

  
Tampilan situs www.elearning.amikom.ac.id

Referensi : http://www.elearning.amikom.ac.id 



0 komentar:

Posting Komentar