Media Sosial ( MEETUP ? )

on Minggu, 08 Februari 2015


Media sosial atau yang sering disebut juga medsos merupakan media online dengan para penggunanya bisa berpartisipasi dan berbagi isi meliputi jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Disini kita akan membahas tentang:


Apa itu MeetUp ? MeetUp merupakan salah satu situs media sosial (www.meetup.com) yang memiliki jaringan terbesar didunia berdasarkan kelompok-kelompok lokal. MeetUp mengumpulkan beragam kelompok (komunitas) sehingga dapat berinteraksi. MeetUp merevitalisasi masyarakat dengan berorganisasi membentuk kelompok sesuai dengan hobi dan keinginan pribadi tanpa terhalang perbedaan jarak dan waktu.

Security:
            Pada situs ini informasi –informasi mengenai komputer pengguna baik berupa alamat IP,Sistem Operasi, jenis browser atau informasi teknis lainnya dikumpulkan untuk kepentingan administrasi sistem. Situs ini memperoleh informasi mengenai penggunaan internet pengguna secara umum dengan menggunakan file cookies yang memungkinkan untuk:
1.      Memperkirakan ukuran dan pola penggunaan partisipan situs www.meetup.com
2.      Menyimpan informasi mengenai preferensi Pengguna dan memungkinkan penyesuaian
      dengan kepentingan individu pengguna.
3.   Mengenali penggunaan sewaktu pengguna kembali ke situs tersebut.
Di situs ini memenuhi security service secara umum pada sistem keamanan jaringan diantaranya: confidentiality (proteksi data yang ditransmisikan dalam jaringan), authentication (memastikan komunikasi dalam jaringan berjalan diantara user-user yang otentik), integrity (integritas pesan yang dikirim didalam jaringan), nonrepudiation (mencegah pengiriman atau penerimaan pesan dalam jaringan dari kemungkinan penolakan penerimaan pesan,sehingga pengirim pesan dapat memastikan bahwa pesan yang dikirim benar-benar diterima oleh penerima), access control (kemampuan untuk melakukan pembatasan akses ke sistem host dan aplikasinya, availability (properti dari sistem yang dapat diakses atas permintaan entieas/user dari sistem yang bersangkutan).

Fasilitas dan Fitur:
            Fasilitas dan fitur yang disediakan pada situs ini diantaranya:
1.        Group (komunitas)
2.        Calender
3.        Find and start MeetUp
4.        Member
5.        Link terkait

Kelebihan:                                                                   Kekurangan:
1.      Interaksi secara langsung dengan group /             1. Group / komunitas tidak disusun
Komunitas yang diinginkan                                   2. Beberapa fiture di hide
2.      Memudahkan dalam search orang lain yang
dituju
3.      Fasilitas dan fitur yanng mendukung

Interaksi (Penggunaan)
            Sebelum berinteraksi dengan pengguna (user id) yang terdapat pada situs media sosial ini, kita harus melakukan proses sign up (daftar) untuk memiliki akun privacy. Setelah memiliki akun tersebut, kita dapat menginformasikan profil kepada pengguna (user id) lainnya, sehingga pengguna (user id) lain dapat mengetahui secara umum tentang diri kita. Akun ini bisa dijadikan sebagai interaksi serta mencari dan menggabungkan komunitas-komunitas sesuai dengan yang kita minati.


Tampilan situs www.meetup.com

Referensi : http://www.meetup.com  

0 komentar:

Posting Komentar