Ilmu Budaya Dasar

on Rabu, 05 Maret 2014

·       Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Sebelum kita mengetahui tentang Ilmu Budaya Dasar, kita juga perlu mengetahui tentang Pengetahuan budaya (the humanities). Pengetahuan budaya  adalah pengetahuan yang mencakup keahlian (disiplin) seni dan filsafat. Keahlian ini pun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai keahlian lain, seperti seni tari, seni rupa, seni musik,dll. Sedangkan Ilmu Budaya Dasar (Basic Humanities) adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum pengetahuan budaya. Dengan kata lain Ilmu Budaya Dasar berbeda dengan Pengetahuan dasar, karena Ilmu Budaya Dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah interaksi manusia dan budaya.

·       Tujuan Ilmu Budaya Dasar
Secara umum tujuan Ilmu Budaya Dasar adalah pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungan, khususnya gejala-gejala berkenaan dengan kebudayaan dan kemanusiaan, agar daya tanggap, persepsi dan penalaran berkenaan dengan lingkungan budaya dapat diperluas. Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut Ilmu Budaya Dasar, diharapkan dapat:
1.  Mengusahakan kepekaan terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.
2.   Memberi kesempatan untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemansiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
3.   Mengusahakan untuk menjadi calon pemimpin bangsa dan Negara yang ahli dalam bidang disiplin masing-masing tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat.
4.    Menguasahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancer dalam berkomunikasi.

·       Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Pembahasan dari ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar diantaranya :
1.     Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
2. Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah:
1.     Manusia dan cinta kasih
2.     Manusia dan keindahan
3.     Manusia dan penderitaan
4.     Manusia dan keadilan
5.     Manusia dan pandangan hukum
6.     Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
7.     Manusia dan kegelisahan
8.     Manusia dan harapan


0 komentar:

Posting Komentar