LINUX (OpenSource Software)

on Kamis, 26 Desember 2013






LINUX adalah sebuah sistem operasi komputer bertipe Unix dan salah satu contoh hasil pengembangan dari opensource software.  LINUX pada awalnya dibuat oleh Linus Torvalds di Universitas Helsinki Finlandia yang kemudian dikembangkan dengan bantuan banyak programmer dan pakar di Internet.

Filesystem Linux
Struktur filesystem Linux adalah berbentuk tree, pusatnya /  

Prosedur Instalasi Linux 
*       Dapat melalui Boot disk yang telah kita buat misalnya boot.img
*    Dapat melalui CDROM langsung misalnya anda ganti pada konfigurasi BIOS nya pada boot: CDROM
*       Dapat melalui jaringan yaitu FTP dan NFS server.Jadi harus terdapat source Linux pada FTP atau NFS server 
 
User dan Superuser (root)
*      Super user root mempunyai kekuasaan yang tidak terbatas dalam sistem,berbeda dengan user selain root
*       Root dapat membatasi kekuasaan yang diberikan pada masing-masing user 
*       User root jarang sekali digunakan biasanya hanya untuk memperbaiki system  
*    Sangat berbahaya jika user lain mengetahui password root karena dapat membahayakansistem itu dan biasanya hanya administrator saja yang mengetahui.
   
Distribusi dan Aplikasi Linux
Terdapat banyak distribusi Linux (lebih dikenali sebagai distro) yang dibuat oleh individu, grup, atau lembaga lain. Masing-masing disertakan dengan program sistem dan program aplikasi tambahan, di samping menyertakan suatu program yang memasang keseluruhan sistem di komputer (installer program).
Contoh-contoh distribusi Linux, diantaranya Ubuntu, OpenSUSE, Fedora, BackTrack,             Mandriva, Slackware, Debian, PCLinuxOS, Knoppix, Xandros, Sabayon, CentOS, Red Hat,            ClearOS, Chromeos, Gentoo Linux.
Linux merupakan asas kepada kombinasi program-server LAMP, kependekan dari Linux, Apache, MySQL, Perl/PHP/Python. LAMP telah mencapai popularitas yang luas di kalangan pengembang Web. Linux juga mulai populer dalam pasaran komputer desktop.
Dengan lingkungan desktop seperti KDE dan GNOME, Linux menawarkan antarmuka pengguna yang lebih menyerupai Apple Macintosh atau Microsoft Windows daripada antarmuka baris teks seperti Unix. Oleh karena itu, lebih banyak program grafik dapat ditemui pada Linux yang menawarkan berbagai fungsi yang ada pada utilitas komersil.


               Modul Linux SMK TI 









0 komentar:

Posting Komentar